Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan: Sertifikasi ISPO di PT Gawi Bahandep Sawit Mekar

PT Triputra Agro Persada (TAP) sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit swasta nasional yang patuh terhadap perundang-undangan dan memiliki komitmen untuk menerapkan praktek-praktek perkebunan yang berkelanjutan, pada 19 – 22 Maret 2013 telah dilakukan proses audit untuk sertifikasi ISPO di salah satu sister company, PT Gawi Bahandep Sawit Mekar (PT GBSM) di Kalimantan Tengah. PT Sucofindo dipilih oleh perusahaan untuk menjalankan audit sertifikasi ISPO di PT GBSM. Sertifikasi ISPO adalah bukti pengesahan bahwa perusahaan telah menerapkan praktek-praktek perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan.

Empat orang auditor dengan keahlian di bidang lingkungan, sosial, best practices perkebunan dan Sistem Manajemen K3 ditugaskan oleh PT Sucofindo untuk menjalankan audit di PT GBSM. Verifikasi kelengkapan dokumen yang dilanjutkan pemeriksaan kesesuaiannya di lapangan dijalankan secara pararel selama empat hari audit. Konsultasi stakeholder dengan masyarakat sekitar kebun, petani pemasok dan kontraktor dijalankan secara terpisah untuk verifikasi pemenuhan tanggung jawab sosial PT GBSM terhadap stakeholdernya.

Hasil audit selama empat hari yang melelahkan tidak menemukan laporan ketidaksesuaian (Non Conformity Report) terhadap prinsip dan kriteria ISPO. Sampai dengan tulisan ini dimuat, laporan hasil audit telah disampaikan oleh PT Sucofindo kepada Komisi.

Selamat untuk PT Gawi Bahandep Sawit Mekar!