Arif Rachmat: Indonesia Bisa Diuntungkan oleh Perang Dagang

Jakarta, Beritasatu.com - Perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok sebetulnya menyimpan peluang besar bagi Indonesia baik untuk meningkatkan ekspornya atau menjadi basis produksi bagi sektor-sektor industri tertentu yang terkena dampak sengketa dua raksasa ekonomi dunia itu.
 

Komisaris Utama PT Triputra Agro Persada, Arif Rachmat, mengatakan dua negara itu sekarang membentuk dua kubu yang masing-masing makin mengintensifkan perdagangan intra-kawasan, sehingga mengurangi ekspor Tiongkok ke AS atau sebaliknya. Celah inilah yang bisa diisi oleh Indonesia.
 

"Sebelumnya kita hanya punya satu pusat gravitasi, sekarang saya melihat dunia sebetulnya punya dua kutub gravitasi. Satu di Amerika Serikat, satu di Tiongkok," kata Arif dalam diskusi Asia Thinker Series di Hotel JW Marriott, Jakarta, Kamis (31/1).
 

Triputra Group Menyerahkan Donasi Tsunami Banten dan Lampung Melalui PMI

 


Managing Director Trading & Downstream Triputra Agro Persada Group Sutedjo Halim (keempat kiri) menyerahkan donasi bantuan untuk korban Tsunami Banten dan Lampung kepada Sekjen PMI Ritola Tasmaya (ketiga kanan) disaksikan Chief of Supply Chain & IT Kirana Megatara Group Hendy Endarwan (kiri), Direktur PT. Tiga Daya Digital Indonesia Tjandra Tedja (kedua kiri), Direktur PT. Sumber Energi Pangan Johanes Candra (ketiga kiri), Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Letjen TNI (Purn) Sumarsono (kedua kanan) dan Deputy CEO Padang Karunia Group Adrian Sugih (kanan) di Markas PMI Pusat (14 Januari 2019).

 

Triputra Group bersama-sama dengan Subco yang berada di gedung The East mewujudkan nilai Compassion, yang merupakan salah satu DNA Triputra, dengan menggalang dana dari karyawan dan managemen untuk membantu korban Tsunami Banten dan Lampung yang terjadi pada tanggal 22 Desember 2018 lalu.

 

Dialog Menteri Agraria dan Tata Ruang RI Dengan KUD Akso Dano Mengenai Kemitraan Antara Petani Plasma dengan Perusahaan Sawit

Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia (ATR) Sofyan Djalil bertemu dengan Direktur Utama PT. Brahma Binabakti (PT BBB) George Oetomo di Kantor Pertanahan Muaro Jambi, Jambi.

 

Muaro Jambi, 16 Desember 2018 - Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia, Sofyan Djalil mengundang Koperasi Unit Desa (KUD) Akso Dano yang merupakan binaan PT. Brahma Binabakti (PT. BBB) di Kantor Pertanahan Muaro Jambi, Jambi, Sumatera. Kunjungan informal ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Muaro Jambi, Fadil Arief, Kepala Kantor Wilayah Provinsi Jambi, Beny Hermawan, dan Seluruh Kepala Kantor BPN Provinsi Jambi.

Ketua dan Wakil Ketua Global Agribusiness Alliance Yang Baru

 

Global Agri-business Alliance (GAA) mengangkat Gaurav Dhawan, CEO Phoenix sebagai Chair dan Arif Rachmat, CEO PT. Triputra Agro Persada (TAP) sebagai Vice Chair. Pengukuhan ketua dan wakil ketua ini dilakukan pada Rapat Tahunan CEO Council tanggal 25 Oktober 2018 di Singapura.

TAP Mendapatkan GOLD AWARD di ICQCC 2018!

 


Darmawan Sigit Purwoko & Joel Tuah Batumamak Sihite (QCP SPIRIT – BBB MILL) menerima "GOLD AWARD" di International Convention on Quality Control Circles 2018 (CQCC) yang diselenggarakan tanggal 22-25 Oktober 2018, di Resort Sentosa, Singapura.

 

Pada ajang yang bertema "Future-proof, Future-ready Organizations through Innovation and Quality Circles and Business Excellence" kali ini menampilkan tren, proyek dan praktik tercanggih yang dimiliki oleh tim yang berasal dari Negara-negara di Asia.

 

Kuncinya: Membangun Nilai Perusahaan

oleh Arif Patrick Rachmat - CEO PT Triputra Agro Persada
Senin, 08 Oktober 2018 / 14:08 WIB

 

 

Sejak awal tahun 2018 industri kelapa sawit di tanah air menghadapi tekanan penurunan harga. Berbagai kondisi nyatanya tak mampu mengangkat harga jual minyak sawit mentah.

 

Kepada jurnalis Kontan Putri Werdiningsih, Arif Patrick Rachmat, Chief Executive Officer (CEO) PT Triputra Agro Persada berbagi pengalaman menghadapi gejolak harga ini.

 

Meski telah merantau selama 15 tahun ke Amerika Serikat (AS), akhirnya saya memutuskan pulang ke Indonesia.

 

Saya tahu, saya pasti balik ke Indonesia, karena akar keluarga kami cukup kuat. Pada akhir tahun saya 2004 kembali ke Jakarta. Padahal waktu itu saya sedang bekerja di General Electric dan sedang mengikuti Operation Management Leadership Program (OMLP).

 

PT. Brahma Binabakti Mendukung Peremajaan Kebun Petani KUD Akso Dano Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Petani

 

Muaro Jambi, 27 September 2018 - PT. Brahma Binabakti (PT. BBB) menandatangani Perjanjian Kerjasama Program Peremajaan Kelapa Sawit dengan salah satu mitra binaannya, Koperasi Unit Desa (KUD) Akso Dano, di Kantor Bupati Muaro Jambi. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Bupati Muaro Jambi, Sekretaris Daerah Muaro Jambi, perwakilan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Muaro Jambi, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian & Perdagangan Kabupaten Muaro Jambi, Camat Sekernan dan Bank Syariah Mandiri. Penandatangan ini merupakan program Perdana dari peremajaan kebun kelapa sawit rakyat mitra plasma dan swadaya PT.BBB.

Inilah Para Pemenang Warta Ekonomi Social Business Innovation Award 2018

 

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta - Sebagai bentuk dukungan bisnis di Indonesia berkelanjutan, Warta Ekonomi sejak 2012 telah memberikan apresiasi kepada perusahaan beserta pemimpin perusahaan yang berkomitmen dan mengembangkan program-program sosial dan lingkungan.

 

Di tahun ini, Warta Ekonomi kembali memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berkomitmen melakukan inovasi dalam menjalankan program CSR secara berkelanjutan dalam "Warta Ekonomi Social Business Innovation Award 2018".

 

Harapannya, perusahaan dan pemimpin perusahaan dapat terus konsisten melaksanakan kegiatan sosialnya, sehingga tetap memberikan dampak positif dan nilai tambah terkait hubungan perusahaan dengan seluruh stakeholder.

 

Peduli lingkungan PT GBSM basmi tikus dengan Burung Hantu

 

Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi B DPRD Kalimantan Tengah HM Asera memberi apresiasi kepada PT. Gawi Bahandep Sawit Mekar (GBSM), karena sudah mengembangkan penggunaan burung hantu untuk membasmi hama tikus. Menurutnya, inovasi perusahaan yang berlokasi di Seruyan Hilir tersebut, layak menjadi percontohan bagi perusahaan lain.

Seminar RND Andalas 2018

 

Triputra Agro Persada (TAP) menjadi pembicara di Agrifood System International Conference 2018 yang diadakan oleh Faculty of Agriculture Universitas Andalas dengan tema "Agrifood system towards Agriculture 4.0 and Delivery of Sustainable Developments Goals (SDGs)". Acara ini diadakan di Kyriad Hotel Bumi Minang, Padang, Sumatera Barat pada tanggal 4-6 September 2018.

 

Seminar tersebut membahas hasil-hasil riset oleh praktisi akademisi dan praktisi perusahaan sawit mengenai: Crop breeding, soil management, crop protection, sustainable rural and economy, agro business dan family farming, serta teknologi pertanian modern.