Barisan Pengusaha Ini Diganjar Philanthropy Award 2018



(ke-2 dari kanan) Theodore Permadi Rachmat (Triputra Group) meneriman penghargaan Philanthropy Award 2018 dari Warta Ekonomi

 

www.swa.co.id – “Manusia yang baik adalah manusia yang mampu menciptakan kemakmuran dan kesuksesan bagi lingkungan dan kehidupan luas.” Demikian menurut Warren Buffett, Chairman dan CEO Berkshire Hathaway, sekaligus salah satu orang terkaya di dunia yang terkenal sebagai tokoh filantropi.

 

Filantropi adalah bentuk dan tindakan seseorang untuk mencintai sesamanya dengan cara menyumbangkan waktu, uang, dan tenaga untuk membantu dan menjadikan kesejahteraan bagi penerimanya. Filantropi tidak lepas dari ajaran agama di masyarakat. Agama mengajarkan umatnya untuk berbagi terhadap sesama terutama kepada mereka yang membutuhkan.

 

Di Indonesia, perkembangan filantropi terlihat dengan meningkatnya agenda perusahaan terhadap kepedulian masyarakaat serta berdirinya beragam organisasi nirlaba sebagai wadah pelaksanaan kegiatan filantropi. Hal ini juga merupakan bentuk nyata kepedulian seseorang maupun perusahaan dalam mewujudkan kepedulian terhadap masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Atas kedermawanan ini, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan nomor 2 di dunia versi majalah Forbes 2016.

 

Kegiatan filantropi diwujudkan lewat beragam cara. Beberapa di antaranya dilakukan dengan menunjukkan kepedulian lewat pemberian donasi kepada masyarakat yang mengalami musibah, memberikan donasi sebagai pemberian modal usaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, memberikan kegiatan pelatihan atau peningkatan keterampilan kepada perempuan dan anak-anak.

 

Selain itu, memberikan perhatian terhadap pendidikan masyarakat, menunjukkan kepedulian terhadap olahraga nasional, menyumbangkan ilmu serta pengalaman yang menginspirasi dalam suatu forum, turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan, dan hal lainnya. Pada intinya, filantropi bertujuan untuk peningkatan kemandirian serta kesejahteraan masyarakat Indonesia.

 

“Warta Ekonomi melalui kegiatan Philanthropy Award 2018 ingin memberikan apresiasi kepada para tokoh filantropi yang telah berkontribusi baik melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR) perusahaan maupun yayasannya untuk mengimplementasikan beragam kegiatan filantropi. Penilaian didasarkan pada empat poin, yaitu (1) dana yang diberikan, (2) keterlibatan dalam kegiatan, (3) program filantropi, dan (4) wadah untuk melakukan kegiatan.,” jelas Muahammad Ihsan, Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi.

 

Selain itu, media ini juga melakukan penilaian melalui tools media monitoring terkait kegiatan kedermawanan yang dilakukan para filantrop tersebut melalui 40 media online mainstream nasional.

 

Berikut ini nama beberapa pemenang Philanthropy Award 2018:

 

1. Dato' Sri Tahir (Mayapada Group), Filantrop Indonesia Peduli Kemanusiaan
2. Sukanto Tanoto (Royal Golden Eagle), Filantrop Indonesia Peduli Pendidikan dan Pengembangan Kepemimpinan..
3. Robert Budi Hartono (Djarum), Filantrop Indonesia Peduli Olahraga.
4. Ir. Ciputra (Ciputra Group), Filantrop Indonesia Peduli Pengembangan Kewirausahaan.
5. Theodore Permadi Rachmat (Triputra Group), Filantrop Indonesia Peduli Pendidikan dan Kesehatan Jangka Panjang
6. Eka Tjipta Widjaja (Sinarmas Group), Filantrop Indonesia Peduli Pendidikan Masyarakat Desa dan Kehutanan
7. Anthony Salim (Salim Group), Filantrop Indonesia Peduli Kemitraan Pertanian.
8. Tommy Winata (Artha Graha Group), Filantrop Indonesia Peduli Membangun Indonesia.
9. Chairul Tanjung (CT Corp), Filantrop Indonesia Peduli Pendidikan Masyarakat Pintar yang Kurang Beruntung
10. Mochtar Riady (Lippo Group), Filantrop Indonesia Peduli Peningkatan Kualitas Kesehatan

 

 

sumber : swa