PT. Brahma Binabakti

 

PT. Brahma Binabakti (BBB) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dengan komoditas yang ditanam adalah pohon sawit dan karet. PT. Brahma Binabakti berdiri pada tanggal 9 November 1988 yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Keputusan No. 02.3119.HT.01.01 tanggal 10 April 1989.

 

Secara geografis lokasi perkebunan dan pabrik kelapa sawit PT. BBB terletak pada Jalan Lintas Timur Sumatera KM 54 – 72, Desa Suko Awin Jaya, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi, Propinsi Jambi. Desa Suko Awin Jaya, Desa Suak Putat, Desa Bukit Baling dan Desa Tanjung Lanjut merupakan empat desa yang berada di sekitar PT. BBB. Mayoritas penduduknya merupakan suku Jawa. Awalnya masyarakat sekitar yang menempati desa ini adalah suku Brembang Jambi dan Melayu Jambi, namun seiring dengan berjalannya waktu, penduduk menjadi semakin heterogen dengan adanya pendatang dari Jawa dan daerah sekitar lainnya. Kini, penduduk didominasi oleh pendatang terutama dari Jawa.

 

Sebagai salah satu anak perusahaan dari Triputra Agro Persada, PT. BBB memiliki komitmen yang tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar. Dalam prakteknya, perusahaan tetap membangunkan kebun plasma bagi masyarakat sekitar walaupun perusahaan tidak dikenakan tanggung jawab untuk membangun plasma seperti yang dimandatkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 26/Permentan/OT.140/2/2007. Kini masyarakat telah merasakan manfaat dari pembangunan kebun plasma yang dibangun PT. BBB. Selain plasma, Perusahaan juga mengembangkan berbagai program tanggung jawab sosial (CSR) bagi masyarakat sekitar. Di bidang pendidikan dengan pemberian beasiswa, bidang kesehatan melakukan pengobatan gratis, bidang infrastruktur mulai dari membantu material pembangunan mesjid, melakukan perbaikan jalan akses masyarakat sekitar, bidang kebudayaan dengan bekerjasama dengan masyarakat sekitar membangun sanggar untuk pelestarian kebudayaan dan berbagai program lainnya yang dianggap dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

 

PT. BBB juga menjalankan prinsip-prinsip berkelanjutan dan melaksanakan sertifikasi baik ISPO maupun RSPO. Melalui sertifikasi ini, Perusahaan terus melakukan perbaikan untuk menjadi perusahaan yang lestari dan berusaha menjadi yang terbaik.