PT Gawi Bahandep Sawit Mekar

 

PT Gawi Bahandep Sawit Mekar (GBSM) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang usaha perkebunan kelapa sawit. PT Gawi Bahandep Sawit Mekar (GBSM)  berdiri pada tanggal 24 September 2004 yang telah mendapatkan persetujuan oleh Menteri hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan Keputusan No. C-27504HT.01.04.TH.2005.
 
Secara administratif lokasi perkebunan dan pabrik kelapa sawit PT GBSM terletak pada wilayah Desa Baung, Desa Jahitan dan Desa Muara Dua, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah. Mayoritas penduduknya merupakan suku Banjar atau Dayak Melayu karena mereka sudah memeluk agama Islam jadi tidak mau disebut sebagai suku Dayak lagi yang menurut mereka identik dengan berkeyakinan Kaharingan dan Agama Kristen.
 
Sebagai salah satu anak perusahaan dari Triputra Agro persada, GBSM memiliki komitmen yang tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar. Dalam prakteknya, perusahaan terus mengupayakan pemberian program CSR yang berkualitas. Di bidang pendidikan misalnya perusahaan secara rutin memberikan program beasiswa bagi anak-anak sekolah di sekitar perusahaan, kemudian dibidang bidang infrastruktur perusahaan memberikan bantuan perbaikan jalan yang merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan masyarakat. Tak dapat dipungkiri jalan-jalan di desa sekitar perusahaan sangat rentan rusak utamanya jika di musim hujan sehingga perlu dilakukan perbaikan secara rutin. Perbaikan ini yang masih sangat sulit dilakukan jika berharap dari dana desa yang terbatas sehingga satu-satunya harapan untuk perbaikan jalan tersebut adalah dari perusahaan. Program ini menjadi program yang diprioritaskan bagi masyarakat. Tidak hanya perbaikan jalan, program dibidang infrastruktur diberikan dalam berbagai model disetiap tahunnya, bisa diberikan untuk perbaikan sarana ibadah (mesjid), bisa pula untuk perbaikan sarana olah raga dan sekolah, sesuai hasil evaluasi program CSR setiap tahunnya. Perusahaan juga bekerjasama dengan pihak sekolah setempat untuk dapat memberikan pelatihan kepada anak-anak sekolah tentang kebudayaan masyarakat lokal yang perlu dilestarikan. Hal ini menjadi komitmen perusahaan untuk ikut berpartisipasi menjaga dan melestarikan kebudayaan masyarakat utamanya kebudayaan masyarakat lokal dari desa sekitar perusahaan.
 
Sebagai komitmen perusahaan dalam menjalankan prinsip keberlanjutan PT GBSM juga menjalankan sertifikasi baik ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil) maupun RSPO (Roundtable Sustainable Palm Oil). Melalui sertifikasi ini, perusahaan terus melakukan perbaikan untuk menjadi perusahaan yang lestari dan berusaha menjadi yang terbaik.